WELCOME TO LIFE' S

Mengenal, memahami, mengetahui dan mempelajari segala hal yang berhubungan dengan kehidupan

Privat Teacher

Bagi yang butuh bantuan olah data SPSS (Statistical Product and Service Solutions), dapat hubungi saya :
Muhammad Yusuf
Contact person : 085266535583
E- mail : yusuf_4th@yahoo.com

Translate

Jumat, 26 April 2013

Operasionalisasi Variabel


PENGERTIAN VARIABEL
Variabel adalah konsep yang mempunyai variabilitas. Konsep adalah abstraksi atau penggambaran dari fenomena tertentu. Variabel sering disebut juga sebagai obyek atau masalah penelitian. Ada beberapa pengertian variable menurut para ahli diantaranya :
*      Hatch & Farhady, (1981): variabel didefinisikan sebagai atributseseorang atau objek yang mempunyai variasi antara satuorang dengan yang lain atau satu objek dengan objek yanglain.
*      Karlinger (1973): variabel adalah konstruk atau sifat yang akandipelajari.
*      Kidder (1981): variabel adalah suatu kualitas (qualities) dimanapeneliti mempelajari dan menarik kesimpulan darinya.
*      Sugiyono (2009:38): variabel penelitian pada dasarnya adalahsegala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan olehpeneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh onformasi tentanghal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya.
Variabel mengandung pengertian ukuran atau ciri yang dimiliki oleh anggota-anggota suatu kelompok yang berbeda dengan yang dimiliki oleh kelompok yang lain. Pengertian lain bahwa variabel adalah sesuatu yang digunakan sebagai ciri, sifat atau ukuran yang dimiliki atau didapatkan oleh satuan penelitian tentang sesuatu konsep tertentu.

MACAM – MACAM VARIABEL
Ada beberapa macam variable, diantaranya :
1.      Variabel Independen (variabel stimulus/ prediktor/antecendent/eksogen/bebas) adalah    
variabel yang mempengaruhi atau yang menjadisebab perubahan atau timbulnya variabel dependen (terikat).
2.   Variabel dependen (variabel output/kriteria/ konsekuen/endogen/ terikat) adalah variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanyavariabel bebas.
3.      Variabel moderator (variabel independen kedua), adalah variabel yangmempengaruhi  
(memperkuat/ memperlemah) hubungan antara variabelindependen dengan variabel dependen.
4.      Variabel intervening (variabel penyela/antara), adalah variabel yang secarateoritis
mempengaruhi hubungan antara variabel independen denganvariabel dependen menjadi hubungan tidak langsung dan tidak dapat diamatiatau diukur.
5.      Variabel kontrol adalah variabel yang dikendalikan atau dibuat konstansehingga pengaruh
variabel independen terhadap dependen tidakdipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti.
6.      Variabel luar (epsilon (ε)) adalah variabel yang secara teoritismempengaruhi variabel dependen/endogen akan tetapi tidak diteliti.

PENGUKURAN VARIABEL PENELITIAN
Pengukuran variabel adalah proses menentukan jumlah atau intensitas informasi mengenai orang, peristiwa, gagasan, dan atau obyek tertentu serta hubungannya dengan masalah atau peluang bisnis. Dengan kata lain, menggunakan proses pengukuran yaitu dengan menetapkan angka atau tabel terhadap karakteristik atau atribut dari suatu obyek, atau setiap jenis fenomena atau peristiwa yang mengunakan aturan-aturan tertentu yang menunjukkan jumlah dan atau kualitas dari faktor-faktor yang diteliti.

PROSES PENGUKURAN 
Terdiri dari :
1. Pembentukan “ constract “ (Construct Development)
2. Skala Pengukuran ( Measurement Scale )

SKALA DAN PENGUKURAN
Pada dasarnya terdapat 4 jenis skala pengukuran, yaitu :
1.Skala Nominal
Skala Nominal Adalah skala yang memungkinkan peneliti mengelompokkan subyek kedalam katagori atau kelompok.Misal gender responden dapat dikelompokkan dalam 2 katagori : Pria dan wanita. Skala gender dapat dinyatakan dalam angka :  Pria = 1 dan Wanita = 2.Skala Nominal bersifat mutualy exlusive dan masing-masing anggota himpunan tersebut tidak ada perbedaan nilai. 
2. Skala Ordinal
 Skala Ordinal tidak hanya menyatakan katagori tapi juga menyatakan peringkat katagori tersebut. Skala Ordinal menjawab atas suatu pertanyaan, responden diminta untuk memberikan urutan alternatif jawaban yang paling sesuai.
Misal rangking jawaban yang dibuat berdasarkan preferensi Responden : 1. Senang sekali, 2. Senang, 3. Kurang senang, 4.Kurang senang sekali. (beda antara dua titik tidak dapat diukur).
3. Skala Interval
Skala Interval memungkinkan mengukur beda antara dua titik dalam skala, menghitung means dan standar deviasi data.Contoh : Jarak waktu jam.08.00 – 10.00 adalah sama dengan jarak waktu 16.00 – 18.00. Tetapi kita tidak dapat menyatakan bahwa jam.16.00 dua kali  lebih lambat dibandingkan jam.08.00.
4. Skala Rasio
Skala Rasio merupakan kedudukan data yang tertinggi, dimana memiliki nilai nol yang orisinal. Misal : Jika aset perusahaan A sebanyak Rp. 10 Milyar dan aset perusahaan B sebanyak Rp. 5 Milyar, maka rasio A & B adalah 2 : 1.