WELCOME TO LIFE' S

Mengenal, memahami, mengetahui dan mempelajari segala hal yang berhubungan dengan kehidupan

Privat Teacher

Bagi yang butuh privat teacher B.Inggris untuk SD dan SMP serta Privat teacher akuntansi untuk SMA/SMK dan MA di kota Palembang. dapat hubungi saya :
Muhammad Yusuf
Contact person : 085266535583
E- mail : yusuf_4th@yahoo.com

Translate

Kamis, 22 Maret 2012

Perbedaan Akuntansi Manajemen dengan Akuntansi Keuangan

Beberapa perbedaan antara akuntansi manajemen dengan akuntansi keuangan  diantaranya :
  • *      Pengguna utama
Akuntansi manajemen berfokus pada kebutuhan informasi dari pengguna internal, sedangkan akuntansi keuangan berfokus pada informasi bagi pengguna eksternal.
  • *      Pembatasan pada masukan dan proses
Akuntansi manajemen tidak bergantung pada prinsip – prinsip akuntansi yang diterima secara umum. SEC, PCAOB, dan FASB menetapkan prosedur akuntansi yang harus diikuti untuk pelaporan keuangan.
  • *      Jenis informasi
Pembatasan dalam akuntansi keuangan cenderung menghasilkan informasi keuangan yang objektif dan dapat diverifikasikan. Dalam akuntansi manajemen, informasinya dapat berupa informasi keuangan dan nonkeuangan, serta bersifat lebih subjektif.
  • *      Orientasi waktu
Akuntansi keuangan memiliki orientasi historis. Fungsinya adalah mencatat dan melaporkan kegiatan – kegiatan yang telah terjadi. Walaupun akuntansi manajemen juga mencatat dan melaporkan kejadian – kejadian yang telah terjadi, akuntansi manajemen lebih menekankan pada penyediaan informasi kegiatan – kegiatan di masa datang.
  • *      Tingkat Agregasi
Akuntansi manajemen menyediakan ukuran dan laporan internal yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja berbagai entitas, lini produk, department, dan manajer. Informasi yang sangat terperinci dibutuhkan dan disediakan. Di lain pihak, akuntansi keuangan berfokus pada kinerja perusahaan secara keseluruhan dan memberikan sudut pandang yang lebih agregat.
  • *      Keluasan
Akuntansi manajemen jauh lebih luas daripada akuntansi keuangan. Akuntansi manajemen meliputi aspek – aspek ekonomi manajerial, rekayasa industri, ilmu manajemen, dan berbagai bidang lainnya.