WELCOME TO LIFE' S

Mengenal, memahami, mengetahui dan mempelajari segala hal yang berhubungan dengan kehidupan

Privat Teacher

Bagi yang butuh bantuan olah data SPSS (Statistical Product and Service Solutions), dapat hubungi saya :
Muhammad Yusuf
Contact person : 085266535583
E- mail : yusuf_4th@yahoo.com

Translate

Rabu, 14 Desember 2011

Pengertian Akuntansi

Bidang kegiatan akuntansi yang dewasa ini semakin berkembang mengakibatkan pengertian akuntansi bergantung pada sudut pandang mana penekanannya. American Accounting Association mendefinisikan akuntansi sebagai proses identifikasi, pengukuran dan komunikasi informasi ekonomi untuk memungkinkan pembuatan pertimbangan - pertimbangan dan keputusan - keputusan oleh pemakai informasi tersebut.

Pengertian akuntansi menekankan kepada fungsi dan kegiatan akuntansi diantaranya :
a. Dipandang dari sudut fungsi atau kegunaannya, akuntansi merupakan aktivitas jasa yang menyediaka informasi penting untuk penilaian jalannya perusahaan, sehingga memungkinkan pimpinan ( manajemen ) perusahaan atau pihak - pihak di luar perusahaan membuat pertimbangan - pertimbangan dan mengambi keputusan ekonomi yang tepat.
b. Dipandang dari sudut kegiatannya ( prosesnya ), akuntansi adalah suatu proses yang meliputi identifikasi, penentuan, pengukuran dan penyampaian informasi ekonomi.

Sedangkan menurut Muhammad Yusuf mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang menyimpulkan bahwa akuntansi adalah suatu entitas yang meliputi pencatatan ( recording ), penggolongan (classification), pengikhtisaran (summarizing) dan pelaporan (repoting) yang saling berkaitan satu sama lain dalam suatu periode tertentu yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.


Semoga bermanfaat

Terima kasih
Muhammasd Yusuf